Mar 14, 2017

Makanan Kucing: Purrfect meal for cats

Hai, cat lovers!

Masih sama seperti postingan sebelumnya, hingga Oktober tahun lalu saya masih kesulitan menemukan makanan basah favorit Ken di petshop mana pun. Alhasil, saya memutuskan untuk membeli merek makanan lain yang memang tersedia saja deh. Ada banyak sekali pilihan makanan basah rasa tuna, namun untuk kali ini saya akhirnya membawa pulang Purrfect meal for cats ke rumah.


Kemasan

Dengan tampilan yang cukup sederhana, Purrfect meal for cats hadir dalam kemasan kaleng berlatar biru berukuran 85 gram dan 400 gram. Di bagian depan kemasan terpampang merek, gambar kucing dan rasa makanan. Kita akan menemukan informasi mengenai komposisi, jaminan analisis produk, cara penyajian dan produsen makanan kucing di salah satu sisi kemasan. Uniknya, di sisi yang lain disajikan tips dalam bahasa Inggris untuk mengenali bahasa tubuh kucing melalui ekor mereka. Lumayan sekali bisa menambah pengetahuan yang mungkin kita belum tahu, kan? Sementara itu, tanggal produksi dan kadaluarsa makanan berada di bawah kaleng.



Tentang perusahaan

Di salah satu sisi kemasan, kita mendapati bahwa Purrfect meal for cats diproduksi oleh Thai Union Manufacturing Co.,Ltd. Perusahaan asal Thailand ini adalah penghasil dan pengekspor berbagai produk makanan laut, seperti  makanan beku, makanan kaleng, makanan siap saji dan makanan hewan (kucing dan anjing). Situs webnya beralamat di http://www.thaiunion.com/en, di sana kita akan disuguhkan tampilan web yang rapi dan informasi yang sangat lengkap mengenai perusahaan tersebut. Sayangnya, Purrfect meal for cats sendiri belum tercantum dalam daftar produk makanan hewan mereka. Hal tersebut menyulitkan kita untuk menggali penjelasan lebih lanjut mengenai produk ini. Selain itu, rupanya tidak ada informasi lagi yang bisa didapatkan di internet. Namun, jangan khawatir. Bila kita punya pertanyaan, kritik, dan saran, produsen telah mencantumkan surel mereka di bawah sisi kemasan. Silahkan hubungi mereka di purrfect.food[at]yahoo.com ya, teman-teman. Saya sendiri sih belum pernah mengirim surel, entah akan ditanggapi atau tidak oleh mereka, haha.

Harga

Sekaleng Purrfect meal for cats ukuran 400 gram dibanderol dengan harga mulai dari 17.000 rupiah. Untuk kategori makanan kucing premium (kualitas standar), sepertinya harga tersebut relatif terjangkau dan ekonomis.

Rasa yang tersedia

Saat itu, ada tiga rasa yang beredar di pasaran:
- Tuna Red Meat in Gravy with Chicken and Tuna Liver (Ikan tuna hati dan ayam)
- Tuna Red Meat Mixed Mackerel in Jelly with Shrimp (Ikan tuna, ikan makarel dan udang)
- Tuna Red Meat in Gravy with Shirasu and Salmon (Ikan tuna, ikan teri dan ikan salmon)

Wah, ternyata variannya rasa tuna semua. Yang membedakan satu sama lain hanya campuran dan bahan tambahan (topping). Saya memilih rasa ikan tuna hati dan ayam, sebab Ken kurang suka dengan campuran dari makanan laut selain tuna itu sendiri.

Bahan penyusun, analisis produk dan panduan pemberian makanan

Komposisi Purrfect meal for cats (Tuna Red Meat in Gravy with Chicken and Tuna Liver):
Ikan tuna, ayam, hati tuna, perisa alami dan buatan, sari ikan, vitamin dan mineral, bahan pengental, minyak kacang kedelai, air.

Di kaleng juga tertulis bahwa produk ini mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, terbuat dari ikan segar dan tanpa bahan pengawet.

Analisis produk:
Protein (min) 14,0%; lemak (min) 1,2%; serat (maks) 1,0%; kelembapan (maks) 83,0%, abu (maks) 3,0%

Panduan pemberian:
Dewasa per 2,5 kg sebanyak satu kaleng per hari

Tekstur dan aroma

Tidak dijumpai lapisan jelly atau agar-agar yang biasa ada di bagian permukaan makanan basah kucing pada umumnya. Namun sesuai rasanya, Purrfect meal for cats (Tuna Red Meat in Gravy with Chicken and Tuna Liver) dilengkapi  dengan suwiran tipis daging ayam yang terlihat saat pertama kali kaleng dibuka. Tekstur makanannya lembek dan tidak padat, seperti bubur kasar dengan potongan tuna yang tidak begitu halus. Selain itu, mengandung banyak air (lebih tepatnya berminyak) dan berwarna coklat kegelapan. Aromanya sendiri kurang menarik dan tidak menggugah selera kucing di rumah. Wangi khas tuna tidak begitu tercium dan kurang menyengat.


Menurut Ken dan kawan kucing lainnya

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, aroma makanan basah ini kurang memikat kucing-kucing  mak saya. Namun, namanya juga kucing kampung begitu disuguhkan makanan basah pasti langsung dilahap. Meskipun begitu, kelihatannya mereka kurang menikmati makanan ini. Mungkin karena teksturnya yang agak berbeda dari tuna merek lain yang pernah dicoba (biasanya teksturnya padat dan penuh jelly). Jangan tanya Ken suka atau tidak, sebab dia pergi melengos begitu saja sejak endusan pertama. Oh iya, selama tiga hari mengonsumsi makanan ini kucing mak saya jadi menceret, fesesnya coklat dan berminyak. Entah makanan ini menjadi salah satu faktor penyebab atau bukan, yang pasti pemberian dihentikan dan feses pun kembali normal. Produk ini tidak diberikan ke anak kucing karena sesuai panduan pemberian makanan hanya untuk kucing dewasa.

Kesimpulan

Purrfect meal for cats ini diproduksi oleh perusahaan besar asal Thailand yang namanya cukup bergaung di dunia internasional, terutama dalam bidang makanan laut dan makanan hewan. Selain produsennya jelas dan kredibel, harganya juga terjangkau untuk makanan kucing premium dan mudah ditemui di berbagai petshop. Hanya saja, tekstur dan aromanya kurang diminati kucing mak saya. Produk ini juga tidak menjanjikan keunggulan seperti makanan yang lain karena tujuannya untuk menyeimbangkan dan melengkapi nutrisi pertumbuhan kucing. Apa yang dialami oleh kucing mak saya, belum tentu berdampak sama terhadap kucing teman-teman. Tidak ada salahnya untuk dicoba, siapa tahu produk ini cocok dan menjadi favorit kucing kalian.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Hi, I'm more than pleased to read a comment from you. Feel free to comment! :)

Total Pageviews